PENDAMPINGAN KELOMPOK PENGELOLA WISATA AIR TERJUN BAH BIAK DESA NAGORI BAH BIAK KECAMATAN SIDAMANIK KABUPATEN SIMALUNGUN

Riza, Ade Ros and Valianto, Budi and Saputra, Hendra (2021) PENDAMPINGAN KELOMPOK PENGELOLA WISATA AIR TERJUN BAH BIAK DESA NAGORI BAH BIAK KECAMATAN SIDAMANIK KABUPATEN SIMALUNGUN. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi, dan membantu pengelola objek wisata Air terjun Bah Biak Desa Nagori Bah Biak Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah, dalam pengelolaan objek wisata ini adalah manajemen keuangan belum ada, manajemen kebersihan lokasi wisata belum ada, banner denah lokasi wisata belum ada. Target luaran dalam kegiatan ini adalah 1). Pengelola memilki kemapuan dalam membuat lapaoran keuangan sederhana 2). Tersedianya manajemen kebersihan dan saran kebersihan yang baik dan layak. 3). Adanya banner yang dipasang di pintu masuk objek wisata 4). Artikel yang di jurnalkan di jurnal ber ISSN online.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan ini adalah 1). Focus Group discussion, 2). Pelatihan manajemen keuangan dan kebersihan, 3) pemberian peralatan kebersihan 4). Pendampingan manajemen pengelolaan daerah wisata.
Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Lokasi ini berjarak 150 Km dari Universitas Negeri Medan, dengan jarak tempuh 4 Jam. Pemilihan lokasi ini dikarenakan potensi wisata yang sangat baik yang dapat dikembangkan utuk olahraga rekreasi, serta dapat memberikan pemasukan bagi masyarakat sekitar

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Pendampingan; Pengelola; Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:05
Last Modified: 21 Nov 2021 06:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43771

Actions (login required)

View Item
View Item