Adisaputera, Abdurahman and Hadi, Wisman and Hutagalung, Trisnawati (2021) PEMBINAAN KEMAMPUAN BERSASTRA DI PONDOK BELAJAR ARNILA KAMPUNG NELAYAN DESA PALUH KURAU KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi mitra selama ini adalah: (1) kurangnya sosialisasi tentang sastra di Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Desa Paluh Kurau; (2) kurangnya minat bersastra anak-anak di Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Desa Paluh Kurau; (3) kurangnya metode yang tepat untuk membangun semangat anak-anak di Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Desa Paluh Kurau dalam bersastra terkhusus dalam membaca puisi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) memberikan pemahaman khusus tentang pentingnya memiliki kemampuan bersastra dan manfaat sastra dalam kehidupan; (2) melakukan pembinaan bersastra dalam hal ini membaca puisi; (3) memberikan pendampingan secara berkelanjutan. Adapun manfaat yang diperoleh mitra dari kegiatan ini adalah: (1) meningkatkan kemampuan bersastra anak-anak di Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Desa Paluh Kurau; (2) menarik perhatian anak-anak di Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Desa Paluh Kurau agar minat bersastra. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah metode pendidikan, latihan dan pendampingan secara intens dan berkelanjutan. Hasil luaran riil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dihasilkannya (1) Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal ber ISSN online dari seminar nasional; (2) Publikasi pada media massa cetak/online/repocitory Perguruan Tinggi; (3) Video Pembelajaran. Kegiatan ini sudah selesai dilaksanakan yaitu sampai pada tahap laporan akhir. Hasil yang ditunjukkan yaitu peserta menyambut baik program pembinaan kemampuan berliterasi sastra yang diberikan dan berdampak positif. Meskipun ada beberapa kendala yang cukup menghambat dalam memperoleh kemahiran membaca puisi peserta. Salah satunya adalah menguasai unsur-unsur dalam puisi. Namun, dengan pelatihan dan pembinaan yang dilakukan, kelompok sasaran memahami dan antusias dalam membaca puisi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembinaan; Bersastra; Pondok Belajar Arnila |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore > GR72 Folk literature (General) including folktales, legends L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 08:04 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43765 |