Novianita, Sara (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4171111047 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2 NIM 4171111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3 NIM 4171111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4 NIM 4171111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5 NIM 4171111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9 NIM 4171111047 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13 NIM 4171111047 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14 NIM 4171111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan respon siswa. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 dosen jurusan matematika dan 6 guru matematika SMP Negeri 1 Batang Kuis. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 34 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar memperoleh rata-rata persentase 87,25% dengan kriteria “sangat valid” oleh penilaian ahli materi dan ahli media, memperoleh rata-rata persentase 87,24% dengan kriteria “sangat praktis” oleh penilaian praktisi pembelajaran, dan memperoleh rata-rata persentase 84,28% dengan kriteria “sangat efektif” oleh penilaian siswa. Media pembelajaran juga dikatakan efektif jika dilihat dari skor hasil belajar siswa yaitu diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 275 |
Keywords: | Media pembelajaran; Android; Articulate storyline; Bangun ruang sisi datar; Problem based learning; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:31 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43745 |