PEMBUATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MR.GLBB SEBAGAI UPAYA MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA DALAM BELAJAR DI SMA NEGERI 1 NARUMONDA

Rajagukguk, Mangasi Holong and Nahampun, Jouvan Houtten and Sirait, Megawati and Simangunsong, Wahyu and Rangkuti, Yuniar Lestari and Rajagukguk, Juniastel (2021) PEMBUATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MR.GLBB SEBAGAI UPAYA MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA DALAM BELAJAR DI SMA NEGERI 1 NARUMONDA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Pandemik Covid-19 sangat berdampak besar terhadap proses belajar mengajar di Sekolah. Terbatasnya media pembelajaran di sekolah menjadi salah satu faktor terjadinya miskonsepsi akan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran. Ketidak tersediaan nya media tersebut, mengakibatkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa tidak dapat berjalan secara interkatif. Berangkat dari hal tersebut, Tim PKM berinisitaif untuk memberikan solusi berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra. Melalui pembuatan LMS yang berbasis website, guru maupun siswa dapat melakukan proses belajar mengajar secara interaktif, Dengan adanya fitur chat, menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh LMS ini, dimana siswa dapat melakukan disksi kepada guru terkait kendala yang dihadapi terkait materi yang dibahas. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan kepada guru dan juga siswa serta bagian admin atau operator. Sebanyak 30 guru dan 70 siswa serta 1 orang bagian operator turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini berkontribusi untuk sekolah, guru dan juga siswa. Untuk sekolah, dengan adanya LMS ini sekolah menjadi punya LMS sendiri, dan untuk guru dapat menambah pemahaman dalam mengatur kelas secara online, serta bagi siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar secara real time dan interkatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: LMS; Mr.GLBB; Website
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:48
Last Modified: 21 Nov 2021 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43733

Actions (login required)

View Item
View Item