PENGEMBANGAN M-LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR DARING SISWA

Samuel, Renaldi Dion (2021) PENGEMBANGAN M-LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR DARING SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4172111039 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4172111039 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4172111039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4172111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4172111039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4172111039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4172111039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4172111039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4172111039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4172111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4172111039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4172111039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4172111039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4172111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4172111039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4172111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan produk pengembangan dari para validator 2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran berbasis android dari hasil respon guru dan siswa 3) mengetahui keefektifan produk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android dari ketuntasan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, namun peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai 4 tahapan saja yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan,
(4) Penerapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi media untuk ahli media dan ahli materi, angket respon guru, serta angket respon siswa. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis android pada materi dimensi tiga kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; 1) Hasil uji kelayakan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skor 87,7% dan termasuk kategori sangat valid sedangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh skor 82,2% dan termasuk kategori cukup valid. 2) Hasil uji kepraktisan dinilai melalui uji coba lapangan terbatas kemudian uji coba lapangan utama, dan pada uji coba lapangan utama memperoleh skor 3,98 menurut respon siswa dan 4,83 menurut respon guru sehingga memenuhi kualifikasi praktis karena telah melewati batas minimum kepraktisan yaitu 3 ≤

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 222
Keywords: Media pembelajaran; Mobile learning; Android; Penelitian pengembangan; Pembelajaran daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:29
Last Modified: 15 Nov 2021 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43723

Actions (login required)

View Item
View Item