PELATIHAN DIVERSIFIKASI IKsAN NILA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN GIZI KELUARGA BAGI WANITA KELOMPOK TANI DESA SUKAMANAH KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG

Jubaedah, Yoyoh and Lasmanawati, Elly and Rohaeni, Neni and Rinekasari, Nenden Rani and Maosul, Asep and Yusuf, Shofa Fithriturrohmi (2021) PELATIHAN DIVERSIFIKASI IKsAN NILA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN GIZI KELUARGA BAGI WANITA KELOMPOK TANI DESA SUKAMANAH KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Perlunya peningkatan gizi keluarga melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader PKK yang akan menjadi mediator bagi kelompok tani yang terdampak cemaran industri. Para wanita kelompok tani sebagai ibu rumah tangga memiliki waktu luang, membutuhkan peningkatan pengetahuan, serta keterampilan pengolahan makanan untuk Upaya Peningkatan Gizi Keluarga (UPGK) dan menambah pendapatan keluarga melalui kegiatan pelatihan yang terprogram dan berkesinambungan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan umtuk meningkatkan gizi keluarga wanita kelompok tani di Desa Sukamanah melalui kegiatan pelatihan diversifikasi ikan nila yang lebih inovatif dalam menghasilkan produk olahan ikan nila yang kaya akan protein dan memiliki nilai jual. Metode pengabdian dilakukan melalui pendekatan blanded learning karena menyesuaikan dengan kondisi masa pandemi Covid-19. Pelatihan menggunakan metode ceramah, demontrasi, diskusi, tanya jawab serta praktik pembuatan aneka olahan ikan nila. Hasil pengabdian kepada masyarakat yaitu meningkatnya pengetahuan dan keterampilan kader PKK dan wanita kelompok tani dalam bidang olahan ikan nila berupa produk sosis, baso, dan naget yang berprotein tinggi serta memiliki nilai jual sebagai peluang usaha di bidang makanan. Program pengabdian kepada masyarakat melalui Desa Binaan yang sudah dilaksanakan ini merupakan salah satu pemberdayaan perempuan bagi kader PKK dan wanita kelompok tani yang dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan menambah produktifitas sebagai upaya mencapai kesejahteraan keluarga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pelatihan; Diversifikasi ikan nila; UPGK; Kader PKK
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF94.5 Feeds and feeding. Animal nutrition
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:46
Last Modified: 21 Nov 2021 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43711

Actions (login required)

View Item
View Item