PENERAPAN IPTEK PENGOLAHAN LIMBAH KULIT SEAFOOD MENJADI PAKAN TERNAK BERSERTIFIKASI DI BAGAN DELI, MEDAN BELAWAN, SUMATERA UTARA

Zubir, Moondra and Junaidi, Agus and Selly, Rini and Rahmah, Siti and Nasution, Hafni Indriati and Muchtar, Zainuddin (2021) PENERAPAN IPTEK PENGOLAHAN LIMBAH KULIT SEAFOOD MENJADI PAKAN TERNAK BERSERTIFIKASI DI BAGAN DELI, MEDAN BELAWAN, SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diadakan di daerah Lorong Ujung Tanjung Dua, Lingkungan 15, Kelurahan Bagan Deli, Belawan, Sumatera Utara. Mitra kegiatan PKM ini adalah usaha pengolahan limbah kulit udang menjadi produk pakan ternak milik Pak Deddy Suryono. Namun, proses pengeringan kulit udang ini menjadi permasalahan mitra karena penjemuran dilakukan di atap rumah warga dan di pinggir laut, sehingga saat suhu udara tidak terlalu panas atau saat turun hujan ng membuat proses pengeringan tidak sempurna. Penyediaan mesin oven pengering kulit udang yang memiliki kontrol suhu dan kapasitas yang besar diharapkan menjadi solusi permasalahan mitra agar proses pengeringan kulit udang ini lebih efektif. Selain itu kandungan yang terdapat pada pakan ternak hasil olahan mitra ini tidak pernah diujikan di laboratorium, sehingga mempengaruhi saat pemasaran produk ke konsumen menjadi permasalahan lain Mitra. Hasil pakan ternak yang didapatkan juga sudah dianalisa di laboratorium Sucofindo dan didapatkan kandungan pakan ternak untuk 3 sampel berbeda, yaitu pakan ternak dari Kulit Udang, Kulit Kepiting dan Kulit Ikan. Dimana pakan ternak dari kulit ikan memiliki kandungan protein tertinggi sebesar 55.2%, sedangkan kandungan protein kulit udang dan kulit kepiting berturut – turut sebesar 25.57% dan 22.78%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Limbah Seafood; Pakan Ternak; Rotary Dryer
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS2284 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:45
Last Modified: 21 Nov 2021 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43709

Actions (login required)

View Item
View Item