PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA

Nasrun and Sembiring, Masta Marselina and Ambarita, Dody F.P. and Nasution, Yusra (2021) PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SD Jabal Rahmah Mulia yang terletak di Jl. Balai Desa No.16-27, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Masalah yang dialami mitra guru mengenai 1) Pemahaman Perangkat Pembelajaran Daring masih rendah, 2) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring, dan 3) Teknis Pelaksanaan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Daring. Solusi yang ditawarkan: Sosialisasi dan pendampingan Perangkat Pembelajaran Daring, Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring yang lebih sederhana sehingga mudah dipahami masyarakat, dan Teknis penggunaan perangkat pembelajaran kepada beberapa aplikasi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 6 tahapan yakni mulai dari analisis profil sekolah, analisis kebutuhan guru, menggundang ahli, melaksanakan pelatihan, melukan pendampingan, dan evaluasi. Metode yang dapat digunakan dalam pengabdian ini antara lain: sosialisasi, pendampingan, simulasi, wawancara, observasi, dan kerjasama. Setiap metode diaplikasikan berdasarkan tujuan kegiatan yang ingin dicapai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pelatihan; Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Daring; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:16
Last Modified: 21 Nov 2021 07:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43694

Actions (login required)

View Item
View Item