Nasution, Dina Azmirahayu (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111014 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 4171111014 APPROVASL SHEET.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM 4171111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM 4171111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. NIM 4171111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4171111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
13. NIM 4171111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4171111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Kualitas pendidikan di Indonesia tergolong rendah termasuk pada mata pelajaran matematika, hal tersebut menunjukkan kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu kemampuan dasar dalam matematika juga rendah di kalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik berdasarkan kajian literatur yang relevan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan data yang diperoleh dari beberapa literatur yang relevan dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan matematika realistik. Peningkatan tersebut dilihat dari data yang dijelaskan pada jurnal dimana menyimpulkan meningkatnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dilihat dari hasil persentase yang diperoleh dari tes yang awal (sebelum menggunakan matematika realistic) dan setelah digunakan pendekatan matematika realistic. Hal ini terjadi karena adanya respon baik yang dilihat sikap kerjasama dan rasa ingin tahu siswa. Siswa juga lebih aktif dalam belajar dengan menggunakan langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan berdasarkan delapan sumber.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 199 |
Keywords: | Matematika realistik; Pemecahan masalah matematika; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 05:27 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43680 |