Panggabean, Mery Adelin (2021) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN ANALISIS KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331032 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4173331032 APROVASL SHEET.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM 4173331032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM 4173331032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM 4173331032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM 4173331032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM 4173331032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4173331032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan tentang Analisis Hubungan Antara Kemampuan Matematika dan Analisis Kimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia siswa; (2) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara kemampuan analisis terhadap hasil belajar kimia siswa; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara kemampuan matematika dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Medan sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) intrumen tes kemampuan matematika berupa soal pilihan ganda; (2) intrumen tes kemampuan analisis kimia berupa soal essai; (3) intrumen tes kemampuan hasil belajar kimia berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berupa: (1) terdapat hubungan yang liniear dan siginifikan antara kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia dengan nilai Sig(1-tailed) 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan yang liniear dan siginifikan antara kemampuan analisis terhadap hasil belajar kimia dengan nilai Sig(1-tailed) 0,000<0,05; (3) terdapat hubungan yang siginifikan antara kemampuan matematika dan kemampuan analisis kimia terhadap hasil belajar kimia dengan nilai Sig(1-tailed) 0,000<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 141 |
Keywords: | Kesetimbangan kimia; Problem based learning; Kemampuan matematika; Kemampuan analisis; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:48 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43653 |