Sagala, Dian Michael (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173131005 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM. 4173131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 4173131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM. 4173131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
5. NIM. 4173131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
9. NIM. 4173131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM. 4173131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 4173131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah bahan ajar kimia yang digunakan di SMA pada materi termokimia telah berbasis proyek, 2) mengetahui apakah modul pembelajaran termokimia yang dikembangkan telah memenuhi kajian berbasis proyek, 3) mengetahui apakah bahan ajar termokimia yang dikembangan telah memenuhi persyaratan modul, 4) mengetahui apakah modul pembelajaran kimia yang dikembangkan pada materi termokimia sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan BSNP, dan 5) mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap aspek tampilan, materi, dan manfaat modul termokimia berbasis proyek. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengambangan bahan ajar ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini 1) Dosen Kimia Universitas Negeri Medan yang dipilih secara purposive sampling sebanyak 3 orang, 2) Guru Kimia SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan secara keseluruhan sebanyak 3 orang, dan 3) Siswa IPA Kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil analisis bahan ajar disekolah menunjukkan buku A dan C kurang memenuhi kriteria sebagai buku yang dikembangkan berdasarkan Project Based Learning dengan nilai 1,44. Sementara itu buku B layak sebagai buku yang dikembangkan berdasarkan Project Based Learning dengan nilai sebesar 2,66. Hasil validasi (sintaks) model PjBL dalam modul memiliki nilai rata-rata skor aspek isi sebesar 3,12 dan termasuk dalam katagori cukup valid dan tidak perlu direvisi. Dari segi aspek kegiatan memiliki rata-rata skor 3,30 , aspek kondisi dengan rata-rata 3,50, dan aspek hasil dengan rata-rata 3,50 dan termasuk kedalam kategori valid dan tidak perlu direvis. Hasil Standarisasi BSNP diperoleh nilai kelayakan isi sebesar 2,98 dengan kriteria layak ; dan kelayakan penyajian sebesar 3,36; kelayakan grafik sebesar 3,33; kelayakan bahasa sebesar 3,36 dengan kriteria sangat layak sehingga rata-rata dari keempat aspek kelayakan tersebut sebesar 3,26 dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 151 |
Keywords: | Bahan ajar; Modul; Project based learning; Respon siswa; Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 08:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43650 |