Wiguna, Novo Anjar (2014) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN TERHADAP RETENSI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33070-8106173010 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Bab I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Bab V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
UNIMED-Master-33070-8106173010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar kultur jaringan pada sub topik inisiasi dan penanaman sub kultur antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan video pembelajaran dan siswa yang dibelajarkan dengan media gambar diam dalam bentuk power point. (2) perbedaan retensi (daya ingat) antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran dengan media gambar diam dalam bentuk power point. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan pada tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2008 kelas reguler A dan kelas reguler B yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Seluruh data dianalisa dengan menggunakan program SPSS 19 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran dan gambar diam terhadap hasil belajar (thit= 69,127 P=0,000) (2) terdapat perbedaan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran dan gambar diam terhadap retensi (thit = 31,028 P=0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.207 11 Wig p |
Keywords: | Kultur jaringan; Gambar diam; Retensi memori; Power point; Video pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4365 |