Sudibyo, Mufti (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TEBING TINGGI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Peer Review.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dan model
project based learning (PjBL) terhadap: hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan
siswa SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain
penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random
sampling dan ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA-2 dibelajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol), kelas X IPA-3 dibelajarkan
dengan menggunakan model problem based learning (PBL), X IPA-4 dibelajarkan dengan
menggunakan model project based learning (PjBL). Teknik analisis data menggunakan Analisis
Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan uji Tukey’s dengan bantuan
SPSS ver 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran
terhadap hasil belajar biologi (P= 0,025). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan
model problem based learning (81,46 ± 6,59) tidak berbeda dengan model project based learning
(81,43 ± 10,14) ) tetapi berbeda dari model pembelajaran konvensional (65,43 ± 7,10). Berdasarkan
hasil ini menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) dan model project based learning
(PjBL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Model problem based learning (PBL) dan
model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar biolo
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL); Model Project Based Learning (PjBL);Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43463 |