Hutabalian, Tumpak (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA INOVATIF KELAS X SMA SEMESTER I SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126142021 Judul.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 8126142021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
3. 8126142021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. 8126142021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. 8126142021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8126142021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. 8126142021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. 8126142021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. 8126142021 Bab I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
10. 8126142021 Bab V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
11. 8126142021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar kimia SMA kelas X semester I melalui inovasi pembelajaran dan integrasi pendidikan karakter yang digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan, serta membantu peserta didik memperoleh hasil belajar yang optimal. Penelitian dilakukan melalui penyusunan materi ajar untuk kelas X Semester I sesuai tuntutan kurikulum 2013, diikuti integrasi kegiatan laboratorium dan aktivitas siswa dalam materi ajar, kemudian dikemas menjadi buku ajar kimia standar. Standarisasi dan uji coba ajar dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Deli Serdang. Hasil standarisasi validator ahli dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) Materi kimia kelas X semester I terdiri atas Pokok Bahasan; Kimia Dalam Kehidupan, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia, responden setuju dengan urutan materi kimia yang diusulkan dengan memberikan nilai yang baik (rata-rata) 3,63 (2) Standarisasi dosen dan guru kimia untuk analisis standar kelayakan isi 3,54, analisis standar kelayakan bahasa 3,46, analisis standar kelayakan penyajian 3,52 dan analisis standar kegrafikan 3,52. (3) Hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen memiliki hasil rata-rata 72,89 ± 8,67 dan kelas kontrol memiliki hasil rata-rata 62,93 ± 9,58 untuk materi Struktur atom menunjukkan peningkatan, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel untuk masing-masing sampel, yaitu: (1)SMA Negeri 1 Lubuk Pakam thitung (4,5753) > ttabel (1,9996). (2)SMA Negeri 1 Tanjung Morawa thitung (4,6354) > ttabel (1,9965). SMA Negeri 1 Batang Kuis thitung (4,1142) > ttabel (1,9983). Dengan adanya peningkatan hasil belajar kimia siswa sekolah sampel yang diketahui dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan buku kimia inovatif lebih baik dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan tanpa menggunakan buku ajar kimia inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Hut p |
Keywords: | Buku ajar; Kurikulum 2013; Pembelajaran kimia; Standar isi; Standar bahasa; Standar penyajian; Standar kegrafikan; Inovasi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4345 |