Masfufah, Elra Azmi and Ginting, Elma Sari Br. and Adisaputera, Abdurahman (2021) KARAKTER GENERASI MUDA INDONESIA DALAM BERKOMENTAR. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 271-278. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian mengungkapkan bagaimana karakter atau sifat netizen Indonesia didalam berbahasa yang berfokus pada isi komentar netizen dalam rubik TikTok dari Keluarga Surya Manurung dan pendidikan karakter yang dapat diterapkan selama pandemi. Penelitian ini belum pernah diteliti sebelumnya, karena para penulis-penulis sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif dengan wujud data wujud data penelitian menggunakan deksripsi, uraian, intrepretasi sesuai dengan isi komentar-komentar masyarakat Indonesia dalam akun TikTok Surya Manurung. Komentar negatif netizen Indonesia kepada Surya Manurung adalah menyinggung dan tidak menghargai kondisi wajah dari keluarga Surya Manurung yang mengidap penyakit Sindrom Treacher Collins. Banyak dari peserta didik yang terpengaruh lingkungan negatif media sosial selama pandemi. Guru harus mampu memberikan penguatan pendidikan karakter untuk siswa dengan menumbuhkan nilai karakter dan layanan konseling jarak jauh.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Karakter; komentar; generasi muda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:46 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43411 |