KONTRIBUSI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DI-ERA PANDEMI

Sitindaon, Meliana Kristin and Sitorus, Tio Aiga and Hutagalung, Trisnawati (2021) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DI-ERA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 265-270. ISSN 978-623-6984-13-0

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan pendidikan di Indonesia yang berjalan sangat pasif. Pembelajaran konvensional terpaksa diganti dengan pembelajaran jarak jauh via daring. Selain dari pembelajaran formal, aktivitas literasi juga terdampak oleh pandemi Covid-19. Salah satu cara agar pembelajaran berjalan sesuai dengan standar, maka semua elemen pendidikan harus memanfaatkan teknologi dalam menghubungkan antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kontribusi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan literasi di masa era pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis fenomenologi dengan pendekatan naratif.

Item Type: Article
Keywords: Covid-19; Literasi; Bahasa Indonesia; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:46
Last Modified: 13 Oct 2021 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43410

Actions (login required)

View Item
View Item