Maharani, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN PENALARAN LOGIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 0809715020 Judul.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
2. 0809715020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
3. 0809715020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. 0809715020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. 0809715020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. 0809715020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. 0809715020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. 0809715020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. 0809715020 Bab I.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
10. 0809715020 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. 0809715020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Pemahaman dan penalaran tehadap materi pembelajaran matematika sangat penting bagi siswa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Kenyataan yang ditemukan di lapangan, sebagian siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dalam upaya meningkatkan pemahaman matematika siswa. (2) Mendeskripsikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran logis siswa.(3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika setelah penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII- 5 SMK- 2 Al- Fattah Medan yang berakreditasi B. Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan pemahaman, (2) tes kemampuan penalaran, (3) respon siswa tehadap pembelajaran dengan pendekatan pendidikan realistik. Hasil analisis data menunjukkan terjadi Penelitian terdiri 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari Hasil analisis data diperoleh hasil : (1) rata-rata nilai tes pemahaman sebesar 71,04 dengan 85,5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran minimal kategori baik dan 14,5% memiliki tingkat penalaran dibawah kategori baik, (2) rata-rata nilai tes penalaran sebesar 71,04 dengan 85,5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran minimal kategori baik dan 14,5% memiliki tingkat penalaran dibawah kategori baik, (3) Terdapat 95,53% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman dan penalaran siswa serta dapat menimbulkan respon positif pada siswa terhadap pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mah u |
Keywords: | Matematika realistik; Pemahaman matematika; Penalaran; Pendidikan matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4340 |