Akbar, Wisnu Wardana and Pandiangan, Getsby Lewi Debora and Perangin Angin, Juan Markus and Hadi, Wisman (2021) PENGGUNAAN VIDEO KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 155-160. ISSN 978-623-6984-13-0
FULLTEXT.PDF - Published Version
Download (816kB) | Preview
Abstract
Dalam proses komunikasi masih ada beberapa komponen yang terlibat antara lain yaitu, asal pesan, pesan, penerima pesan, media dan umpan balik. Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat menentukan media pembelajaran, antara lain: (1) Ketepatan tujuan pembelajaran; (2) Dukungan materi pembelajaran, adalah materi pembelajaran tadi didukung sang prinsip, konsep dan generalisasi supaya siswa dapat menggunakan gampang memahaminya, (3) Akses gampang ke media, (4) Keterampilan, (5) Waktu tersedia, serta (6) Taraf berpikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam menjelaskan video kartun. Kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memberi gambaran tentang penggunaan video kartun sebagai solusi media pembelajaran yang digunakan dalam era digital saat ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Video Kartun; Media Pembelajaran; Bahasa dan Sastra Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 08:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43394 |