Manurung, Sondang Elisabeth Br. and Simorangkir, Tommy Syahputra and Lubis, Yura Afina and Wasilah, Atika (2021) STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SEBAGAI SOLUSI DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 123-128. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
Abstract
Terjadinya berbagai perubahan pola di seluruh dunia akibat pandemi covid-19 seperti perubahan dalam bidang pendidikan. Pola pembelajaran yang dilakukan saat ini terlihat sangat berubah pada semua jenjang pendidikan akibat pandemi covid-19. Pembelajaran berbasis online yang dilaksanakan di saat tengah pandemi covid-19 sekarang inilah sangat berefek pada kebijakan pemerintah yang mengharuskan anak-anak belajar di rumah. Perkembangan teknologi tersebut, sangat memberikan pengaruh besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia, salah satu diantaranya yakni, dalam bidang Pendidikan (Dewi, Murtinugraha, & Arthur, 2018). Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini sangatlah memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar secara mandiri, bisa menggunakan bahan belajar tertulis dan sebagainya melalui computer/gawai, smartphone dan internet, belajar seperti inilah dikenal dengan istilah e-learning (Elvarita, Iriani, & Handoyo, 2020; Tampubolon, Arthur, & Daryati, 2017). Sistem pembelajaran online memberikan banyak peluang untuk mengakses bahan ajar bagi warga pelajar maupun pengajar . Banyak sekali flatform maupun media online yang bisa diakses melalui jaringan internet oleh pengajar maupun peserta didik. Beberapa flatform gratis yang sudah terbukti efektif dalam pengelolaan pembelajaran online secara klasikal diantaranya adalah Google Classroom dan Edmodo. Setidaknya ada 12 aplikasi gratis lainnya sebagai media dan sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan di tengah pandemi covid-19 yaitu Rumah Belajar, Meja Kita, Icando, Indonesia X, Google for Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Quipper School, Ruangguru, Sekolahmu, Zenius dan Cisco Webex. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran online diantaranya yakni, dimana kuota internet yang dimiliki terbatas, dan implementasi yang masih belum familiar bagi tenaga pendidik beserta peserta didik dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah, serta keamanan dari media pembelajaran online yang perlu di perhatikan meneliti dengan baik bagi peserta ataupun dari pemateri terssebut. Oleh karena itu, sangat perlu adanya upaya khusus dalam mengatasi problematika yang dihadapi saat ini mulai dari individu masing-masing, dukungan keluarga, lembaga/institusi pendidikan, jasa provider dan pemerintah. Dalam artikel ini juga akan membahas salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat memaksimalkan pembelajaran berbasis online saat ini, yakni dimana dengan menggunakan pembelajaran online yang berbasis proyek. Dimana dalam permodelan pembelajaran yang berbasis proyek tersebut lebih memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengkaji lebih mendalam serta selakigus dapat meningkatkan pola belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Online; E-Learning; Proyek Pembelajaran; Dampak Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 08:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43389 |