Sari, Anjelita Novita and Rahima, Endah and Rosmaini (2021) KONSEP DAN UPAYA MENJADI GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG IDEAL DIMASA DEPAN. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 91-96. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
Abstract
Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah mengembangkan sikap dan perilaku positif dalam berbahasa, khususnya Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia terdapat kendala yaitu guru masih cenderung konvensional, masih berkutat pada teori, dan terus terpaku pada buku paket. Hal ini tentu menjadikan proses belajar belajar menjadi sangat membosankan. Tentunya untuk mengatasi hal tersebut guru harus ikut serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Konsep guru. (2) Konsep guru ideal. (3) Tugas-tugas guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi (documentation resech methode). Hasil penelitian seperti berikut. (1) Konsep guru bahasa dan sastra indonesia yang ideal, meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. (2) Upaya menjadi guru bahasa dan sastra indonesia yang ideal.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Guru Ideal; Bahasa dan Sastra Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43384 |