Manurung, Esra M and Novandes, Yolanda Rara and Hadi, Wisman (2021) UPAYA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG EFEKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 85-90. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
Abstract
Upaya dalam menghadapi tantangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan bentuk usaha yang akan diterapkan demi menunjang perkembangan Ilmu Pengetahuan manusia. Upaya ini dilakukan demi memudahkan manusia dalam mengikuti perkembangan zaman dengan adanya teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan berbagai bentuk upaya dari berbagai kalangan sehingga melahirkan teknologi informasi yang dikelola secara otomatis serta memudahkan pembelajar. Pada awal abad 20 perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan para penggunanya. Sampai saat ini proses implementasi tersebut semakin berkembang pesat. Peralatan-peralatan penunjang juga semakin berkembang dengan terciptanya teknologi baru dalam upaya meningkatkan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin berkembang. Peralatan penunjang seperti Komputer, Gaway, Laptop, Infocus dan Internet menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi digital tanpa batas. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan internet dan teknologi digital di era ini menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Era ini dipercaya akan mendisrupsi banyak bidang, tanpa kecuali bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut memunculkan banyak tantangan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Uraian dalam makalah ini berfokus pada penjelasan tentang tantangan yang dihadapi guru dan solusinya. Selain kajian leteratur yang bersifat analisis kritis-komparatif, uraian dalam makalah menyajikan sejumlah hasil riset yang telah penulis lakukan yang gayut dengan kebutuhan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia abad ke-21 dan Revolusi Industri 4.0. Ada dua hasil riset pengembangan yang disajikan dalam makalah ini, yaitu Pengembangan Buku Bahasa Indonesia Berwawasan Multikultural dan Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kecerdasan Ekologis.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | tantangan pembelajaran; bahasa Indonesia; revolusi industri 4.0. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43383 |