Andini, Ayu (2021) HAMBATAN, SOLUSI DAN HARAPAN: PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 51-56. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan hambatan, solusi dan harapan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan secara daring, dan menindaklanjuti pembelajaran daring untuk masa yang akan datang. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik survey online. Instrumen yang digunakan adalah berbentuk kuesioner online. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Babalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan responden sebanyak 20 siswa dan guru sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa : sebanyak 81% guru menjawab dengan beberapa alasan yang mendasari untuk melakukan
pembelajaran daring. Kemudian terdapat 35% siswa merasa puas dengan pembelajaran online, dan terdapat 25% merasa kurang. Harapan pembelajaran daring untuk kedepannya ada model daring yang lebih baik lagi untuk menunjang pembelajaran agar lebih efektif dan efisien yang mampu diterima oleh siswa secara baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hambatan; harapan; solusi; pembalajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:03 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43372 |