Nasution, Eliya Fitri (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 17-22. ISSN 978-623-6984-13-0
Fulltext.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
Abstract
Lembaga pendidikan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam perubahan kehidupan masyarakat menuju lebih baik. Peran pendidikan dalam struktur sosial menjadi sangat penting, karena pendidikan dapat dikatakan sebagai agent of change, artinya degan pendidikan akan lahir ide-ide atau gagasan baru untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, handal, dan siap bersaing di zaman yang semakin kompetitif. Media pembelajaran yang digunakan sangatlah memengaruhi keefektifan belajar segaligus hasil belajar yang dicapai siswa. Media pembelajaran daring yang digunakan berupa pembelajaran daring saat pandemi virus Covid-19 yang telah menyebar di seluruh dunia terutama Indonesia menggunakan platform google classroom, YouTube, WAG, Edmodo, Zoom, serta Googlemeet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan cara mengumpulkan data dengan beberapa metode yang kami lakukan dalam penulisan artikel ini. Kami menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan literatur, kemudian hasilnya menunjukkan bahwa teknologi memiliki banyak sekali peran dan manfaatnya dalam dunia pendidikan terlebih saat pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi covid 19. Pemilihan informan dilakukan secara purpossive. Data diperoleh melalui Observasi, dan pemberian angket . Subjek penelitian ini adalah SMK Tritech Informatika Medan. Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran sekolah di SMK Tritech Informatika Medan. Media pembelajaran yang digunakan di SMK Tritech Informatika Medan adalah whatsapp, google classroom, zoom meeting, dan google meet
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pemanfaatan; Media; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 15:25 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 15:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43367 |