Lubis, Mina Syanti and Harahap, Sri Maharani (2021) PERAN KELUARGA DALAM MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MASA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 1-6. ISSN 978-623-6984-13-0
FULLTEXT.PDF - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Pandemi covid-19 telah membawa dampak yang begitu besar pada sektor pendidikan. Pendidikan yang dilaksanakan pada masa pandemi ini telah menghambat proses pembentukan karakter anak didik di sekolah. Hal ini terjadi karena pendidikan di sekolah telah diganti melalui system daring atau dengan artian belajar di rumah. Peran orang tua sangat penting pada kegiatan pembelajaran daring, orang tua menjadi sentral pembelajaran, pengawasan, dan mendidik anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran pendidikan karakter pada masa pandemi. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan atau kajian literatur, seiring adanya pandemi sehingga membatasi peneliti untuk mengambil data. Kajian literatur digunakan untuk mengulas pendidikan karakter pada peserta didik di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan karakter di masa pandemi merupakan tanggung jawab bersama antara guru, orang tua/ orang yang telah dewasa di rumah. Semua harus bersinergi untuk memikirkan solusi pendidikan dan pendampingan yang tepat untuk peserta didik, agar tercipta generasi bangsa yang berkarakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | orang tua; pendidikan karakter; masa pandemi |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 15:24 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 15:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43364 |