Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Self-Efficacy terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa

Nur’aini (2018) Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Self-Efficacy terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA,, 10 (1). pp. 21-30. ISSN 2502-4590

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok (BKP) terhadap keterampilan sosial siswa. Mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap keterampilan sosial siswa. Mengetahui interaksi antara BKP dan self-efficacy terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Tiram sebanyak 43 orang yang terdiri dari dua kelompok kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan BKP Modeling dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan BKP Homeroom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang dibimbing menggunakan bimbingan kelompok modeling memperoleh nilai rata-rata keterampilan sosial sebesar 50,95 sedangkan siswa yang dibimbing menggunakan bimbingan kelompok homeroom memperoleh nilai rata-rata keterampilan sosial sebesar 42,59. Hasil analisis varians nilai signifikan kelas 0.000 lebih kecil daripada nilai ∝ = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok yang signifikan terhadap keterampilan sosial. BKP Modeling sangat baik digunakan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Article
Keywords: Bimbingan Kelompok Modeling; self-efficacy; dan ketrampillan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:40
Last Modified: 05 Oct 2021 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43347

Actions (login required)

View Item
View Item