Fitriani (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171009 Judul.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8126171009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. 8126171009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. 8126171009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. 8126171009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8126171009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 8126171009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126171009 Daftar Skema.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126171009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. 8126171009 Bab I.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
11. 8126171009 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
12. 8126171009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMP kelas VIII. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses mengembangkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa, (3) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui perangkat pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Petunjuk Guru (BPG), Buku Siswa (BS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematik (TKKM). Ujicoba dilakukan sebanyak dua kali pada siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan dan SMP IT Al Hijrah Deli Serdang. Pada ujicoba ke-1 diperoleh efektivitas perangkat pembelajaran belum dikatakan efektif karena masih terdapat komponen aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran belum mencapai efektif. Hasil ujicoba ke-1 dijadikan bahan untuk merevisi perangkat pembelajaran. Hasil ujicoba ke-2 perangkat pembelajaran sudah mencapai kategori efektif. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) Aktivitas siswa adalah efektif, (b) Kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah efektif, (c) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dan, (d) Ketuntasan kemampuan komunikasi matematik lebih dari 80% siswa mencapai KKM. Hasil pengujian ujicoba perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa (1) Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah valid dan praktis. (2) Penerapan pengembangkan perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari hasil observasi guru dan siswa. (3) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Fit p |
Keywords: | Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Pembelajaran biasa; Perangkat pembelajaran; Jigsaw |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4331 |