Novita, Sofia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemandirian Siswa Fisika SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176176019 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8176176019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM. 8176176019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM. 8176176019 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM. 8176176019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 8176176019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8176176019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 8176176019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8176176019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
13. NIM. 8176176019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8176176019 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran fisika yang terintegrasi pada budaya Melayu serta melihat Keterampilan Generik Sains (KGS) dan Kemandirian siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan di MAPN Besitang T.P 2020 -2021. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen yang dilaksanakan menggunakan Two group Pretest – Postest Design. Sample dalam penelitian ini adalah kelas X B MIA sebagai kelas kontrol dan kelas X A MIA sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan Generik Sains sesuai dengan sepuluh aspek KGS dan angket kerjasama siswa sebanyak 30 butir pertanyaan yang telah divalidasi oleh asli. data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.0, uji-t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu, KGS siswa diperoleh nilai gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang dan kemandirian siswa diperoleh dengan nilai gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Sedangkan dikelas yang dibelajarkan dengan konvensional, KGS siswa diperoleh nilai gain 0,3 dengan kategori sedang dan kemandirian siswa yang diperoleh nilai gain sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Melayu. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif berbasis budaya Melayu lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. pembelajaran fisika terintegrasi etnofisika dapat meiningkatkan KGS dan kemandiria siswa : pengamatan langsung, pengamatan tak langsung, dan kesadaran skala.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Nov p |
Keywords: | Kooperatif; KGS; Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 09:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43260 |