Sinurat, Herta Astri Yudika and Simanjuntak, Mariati Purnama and Simatupang, Sehat (2018) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 6 (3). pp. 17-24. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan simulasi komputer terhadap karakter siswa di SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA semester II yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Kelas eksperimen diterapkan PBL berbantuan simulasi komputer dan kelas kontrol pembelajaran konvensional. Pengukuran karakter menggunakan lembar observasi dan angket. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali dan terjadi peningkatan karakter. Karakter siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 74,5% dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 41,5% dalam kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kunci: karakter, model problem based learning (PBL), simulasi komputer |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 05:45 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43244 |