Utami, Rika and Simanjuntak, Mariati Purnama (2018) EFEKTIVITAS MODEL 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 6 (2). pp. 70-76. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Galang T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes scientific inquiry berbentuk tes uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi, yang masing-masing untuk mengukur scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan analisis N-gain kelas eksperimen diperoleh bahwa ada peningkatan scientific inquiry siswa dengan kategori sedang dan di kelas kontrol dengan kategori rendah. Berdasarkan analisis N-gain pada observasi scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa di kelas eksperimen diperoleh bahwa ada peningkatan scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa dengan kategori sedang dan di kelas kontrol dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara scientific inquiry siswa yang menerapkan model 5E berbasis inkuiri dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, model 5E berbasis inkuiri lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvesional.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | model 5E berbasis inkuiri, scientific inquiry, keterampilan sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 05:31 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43242 |