Pengembangan Program dalam Pembelajaran

Simanjuntak, Mariati Purnama and Sinaga, Lastarma and Hardinata, Aristo and Simatupang, Halim (2020) Pengembangan Program dalam Pembelajaran. PT. Mediaguru Digital indonesia, Jakarta. ISBN 978-602-497-711-5

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of textbooks.pdf]
Preview
Text
textbooks.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of HAKI.pdf]
Preview
Text
HAKI.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview

Abstract

Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan
kemampuan teknis, teoretis, konseptual, dan moral sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan latihan. Pengembangan adalah suatu proses mendesain pembelajaran secara logis dan sistematis dalam rangka untuk menetapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan dalam
proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik (Majid, 2005).
Pengembangan pembelajaran adalah usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran, baik secara materi maupun metode dan subtitusinya. Secara materi artinya dari aspek bahan ajar yang disesuaikan dengan perkembangan pengetahuan, sedangkan secara metodologis dan
subtansinya berkaitan dengan pengembangan strategi pembelajaran, baik secara teoretis maupun praktis.
Perencanaan pembelajaran merupakan catatan‐catatan hasil
pemikiran awal seorang guru sebelum mengelola proses pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan mengajar yang berisi hal- hal yang perlu atau harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang antara lain meliputi unsurunsur: pemilihan materi, metode, media, dan alat evaluasi. Unsur‐unsur
tersebut harus mengacu pada silabus yang ada dengan memperhatikan hal‐hal berikut ini. (1) Berdasarkan kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan sub materi pembelajaran, pengalaman belajar, yang telah dikembangkan di dalam silabus. (2)
Digunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari‐hari (pendekatan kontekstual). (3) Digunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung. (4) Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem‐sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.

Item Type: Book
Keywords: sistem pendidikan nasional; kurikulum;proses pembelajaran; silabus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:55
Last Modified: 27 Dec 2021 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43220

Actions (login required)

View Item
View Item