Sari, Purnama (2020) Kemampuan Menganalisis Teks Biografi Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163111037 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 2163111037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM 2163111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 2163111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 2163111037 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM 2163111037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 2163111037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 2163111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
12. NIM 2163111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM 2163111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks biografi oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Kemampuan menganalisis teks biografi perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas mengenai masalah yang diteliti . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 21 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 745 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak) dan terpilih kelas X TG 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Tes yang dimaksud yaitu dengan memberikan sebuah teks biografi pada siswa, kemudian siswa menganalisisnya berdasarkan aspek makna dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil analisis siswa terhadap teks biografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis teks biografi siswa berdasarkan aspek makna (pokok informasi) memperoleh skor rata- rata 89,8, aspek makna (pola penyajian karakter unggul tokoh) memperoleh skor rata-rata 67,35, sedangkan aspek kaidah kebahasaan dibagi menjadi pronomina (kata ganti) skor rata-rata 92,2, kata kerja tindakan skor rata-rata 91,6, kata sifat (deskriptif) skor rata-rata 79,4, kata kerja pasif skor rata-rata 79,4, kata kerja mental skor rata- rata 53,8, dan kata sambung, kata depan, atau nomina skor rata-rata 77,8 . Jadi hasil menunjukkan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan dikategorikan sudah baik dalam menganalisis teks biografi dengan jumlah skor rata-rata dari kedua aspek tersebut adalah 77,6 dan dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan; menganalisis; teks biografi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 20:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 20:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43210 |