Simbolon, Annisa Sylvia Nurfikalana and Darmana, Ayi (2020) Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Spiritual untukMeningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dariMinat Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (4) hubungan antara sikap spiritual dengan peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,88, serta instrumen angket sikap spiritual dan minat belajar siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Anava Dua Jalur, dan Correlation pada program SPSS 22.0 for Windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual lebih tinggi dibandingkan dengan buku pegangan siswa SMA/MA yaitu dilihat dari nilai N- Gain sebesar 0,64 dan 0,58. Pada uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 sehingga dapat disimpulkan ada ada pengaruh bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa dan ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan nilai sig = 0,071 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak terdapat interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Pada Uji Correlation nilai sig = 0,016 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara sikap spiritual dengan peningkatan hasil belajar siswa. Besarnya korelasi atau hubungan nilai spiritual terhadap peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari Pearson Correlation yang diperoleh sebesar 0,437. Jika dilihat dari interval hubungan korelasi maka termasuk rentang cukup kuat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar Kimia; Sikap Spiritual; Hasil Belajar; Minat Belajar; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 02:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43202 |