Nasution, Rizki Fitriani and Darmana, Ayi and Sudrajat, Ajat (2020) VALIDASI BAHAN AJAR KIMIA DASAR TERINTEGRASI NILAI – NILAI ISLAMBERBASIS KONTEKSTUAL. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Melihat kesesuaian bahan ajar kimia dengan karakteristik kejuruan mahsiswa Pendidikan Kimia dan mendapatkan bahan ajar kimia dasar terintegrasi nilai – nilai islam berbasis kontekstual untuk mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan (R & D), Bahan ajar yang telah dikembangkan selanjutnya dinilai oleh beberapa validator ahli. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data diawali dengan Menyusun dan Memvalidasi. Hasil akhir dari analisis data tersebut mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran Al-Islam dengan pendekatan kontekstual dilaksanalan mahasiswaan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual, meliputi: konstruktivisme, penemuan, bertanya, mahasiswa belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian yang autentik. Angket dipilih sebagai instrument untuk menentukan kesesuaian bahan ajar dengan karakteristik kejuruan dan pengumpulan data hasil validasi yang dilakukan validator. Dari hasi validasi menunjukkan bahwa masih terdapat ketidak sesuaian bahan ajar kimia yang digunakan dengan karakteristik kejuruan mahasiswa dan bahan ajar kimia yang dikembangkan berada dalam kategori valid dan tidak perlu revisi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | kunci: Validasi Bahan ajar kimia Dasar, Terintegrasi Nilai – Nilai Islam, Kontekstual, R & D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 01:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43195 |