Zubaidah, Siti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 26 MEDAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 809715019 Judul.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. 809715019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. 809715019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 809715019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 809715019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. 809715019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. 809715019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. 809715019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
9. 809715019 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809715019 Bab V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
11. 809715019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, (3) apakah peningkatan kemampuan self efficacy matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa, (4) apakah ada interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan self efficacy matematik siswa, (5) Bagaimana proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan. Secara acak, dipilih dua kelas dari tujuh kelas sebagai sampel penelitian, yaitu siswa kelas VII D dan VII E. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes pengetahuan awal matematik, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) angket self efficacy matematik dan (4) lembar observasi kegiatan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,7620; 0,9585 dan 0,8484 berturut-turut untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket self efficacy matematik, tes pengetahuan awal matematik. Analisis data dilakukan dengan uji t (satu arah) dan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil uji t (satu arah) dengan thitung= 4.659 dan Sig = 0.000 lebih kecil dari α=0.05. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik. Hal tersebut terlihat dari hasil uji ANAVA dua jalur untuk interaksi faktor antara pembelajaran dengan PAM menghasilkan Fhitung=1.505 dan Sig. = 0.229 lebih besar dari α=0.05. (3) Peningkatan kemampuan self efficacy matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil uji t (satu arah) dengan thitung= 4.046 Sig = 0.000 lebih kecil dari α=0.05. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan self efficacy matematik siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil uji ANAVA dua jalur untuk interaksi faktor antara pembelajaran dengan PAM menghasilkan Fhitung =1.648 dan Sig.= 0.199 lebih besar dari α=0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Zub p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Matematika realistik; Sef efficacy; Pembelajaran biasa; Pengetahuan awal |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4319 |