Nurfajriani and Halimah, Nur and Hajar, Siti (2020) Pengaruh Multimedia ISpring Presenter Berbasis Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Laju Reaksi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia iSpring Presenter pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan purposive sampling. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan pada tahun akademik 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 menggunakan iSpring Presenter sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 3 tanpa menggunakan iSpring Presenter sebagai kelas eksperimen II. Data penelitian ini adalah data lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa dan data hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan multimedia iSpring Presenter berbasis Problem Based Learning dan tanpa multimedia iSpring Presenter pada kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai rata-rata 86,25 untuk pembelajaran menggunakan multimedia iSpring Presenter berbasis Problem Based Learning dan nilai rata-rata pembelajaran 58,75 tanpa menggunakan multimedia iSpring Presenter.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Multimedia pembelajaran; iSpring Presenter; Problem Based Learning; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 09:24 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43179 |