Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Asam Dan Basa Di Sekolah Menengah Atas

SIREGAR, NOVELYANI and Purba, Jamalum (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Asam Dan Basa Di Sekolah Menengah Atas. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis proyek pada materi asam basa dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi asam basa menggunakan bahan ajar berbasis proyek untuk kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lintongnihuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas pengulangan. Penelitian ini menggunakan Desain Pretest-Postest satu kelompok (one group pretest-posttest design). Data diolah secara deskriptif, diperoleh nilai rata-rata validasi modul yang dikembangkan yaitu kelayakan isi 3,62; penyajian 3,67; bahasa 3,72; dan kegrafikan 3,72; dengan rerata 3,68; artinya modul hasil pengembangan sudah valid berdasarkan kriteria standar BSNP. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan memberikan pretest dan post-test. Untuk data pre-test kelas eksperimen 48,11 dan kelas pengulangan 46,47, sedangkan data post-test kelas eksperimen 84,11 dan kelas pengulangan 81,32. Rerata persentasi peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 68% dan kelas pengulangan yaitu 65%. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh > (7,99 > 1,697 (eksperimen) dan 6,65 > 1,697(pengulangan)) yang artinya modul kimia yang terintegrasi pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan sudah baik dan sesuai standar kriteria BSNP serta layak digunakan siswa kelas XI SMA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bahan Ajar; Hasil Belajar; Project Based Learning (PjBL) dan Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:38
Last Modified: 07 Sep 2021 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43140

Actions (login required)

View Item
View Item