Ginting, Julebriera Yani Br. (2020) Kemampuan Menulis Teks Persuasi tentang Belajar, Bekerja, dan Beribadah di Rumah Selama Pandemi COVID-19 Siswa Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2163111024 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 2163111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
3. NIM. 2163111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 2163111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM.2163111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 2163111024 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 2163111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 2163111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 2163111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM. 2163111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 2163111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks persuasi tentang anjuran
belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19 oleh siswa Kelas VIII
SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kemampuan
menulis teks persuasi perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang
masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe
dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai. Tes essai yang
dimaksud adalah menulis teks persuasi sesuai dengan kriteria penilaian teks persuasi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor
keterampilan menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis
teks persuasi tentang belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19
siswa dengan aspek penilaian kesesuaian isi dengan teman mendapat skor sebesar 54,65
kategori cukup, segi koherensi mendapat skor sebesar 61,7 kategori cukup, pada aspek bersifat
membujuk atau mengajak mendapat skor sebesar 60,9 kategori cukup, aspek penilaian fakta
dan bukti skor sebesar 48,4 kategori kurang, aspek penggunaan ejaan dan tanda baca
mendapatkan skor sebesar 55,45 kategori cukup. Jadi hasil menunjukkan bahwa siswa kelas
VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe dikategorikan cukup mampu dalam menulis teks
persuasi tentang belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19 dengan
jumlah skor 56,25 dengan kategori cukup mampu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan; Menulis; Teks Persuasi; COVID-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 09:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43086 |