HASANAH, ANNISA NUR (2020) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI JOYFULL LEARNING BERBANTU MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111005_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 1163111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3. NIM. 1163111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 1163111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
5. NIM. 1163111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
6. NIM. 1163111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
7. NIM. 1163111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 1163111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
9. NIM. 1163111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1163111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
14. NIM. 1163111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat pada tema Peristiwa dalam Kehidupan sub tema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan lebih tepatnya pada pembelajaran 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Joyfull Learning berbantu media presentasi Prezi terhadap hasil belajar tematik siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yakni menggunakan seluruh kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat, yang terdiri V-A kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas V-B kels kontrol berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment.
Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan tes objektif dengan jumlah 20 soal yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya. selain itu menggunakan observasi aktivitas siswa dan guru.
Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (30,185) dan posttest (82,407) sedangkan pada kelas kontrol pretest (30,740) dan posttest (64,814). Setelah diketahui rata-rata, simpangan baku serta varians dari masing-masing data kelas, maka didapatkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf (α = 0,05) thitung > ttabel yakni 8,774 > 1,674. Dengan ini membuktikan bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan adanya hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Joyfull Learning berbantu media presentasi Prezi terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi joyfull learning, media presentasi prezi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 03:44 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43069 |