Adliani, Siska (2020) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematika siswa di SMP Swasta Islam Hikmatul Fadhillah Medan kelas VII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182073 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8156182073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM 8156182073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM 8156182073 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 8156182073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM 8156182073 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 8156182073 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8156182073 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 8156182073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
13. NIM 8156182073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14. NIM 8156182073 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen Semu ini menyelidiki pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, kemampuan koneksi matematika siswa dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Islam Hikmatul Fadhillah pada kelas VII sebanyak 118 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemahaman konsep matematika, dan tes kemampuan koneksi matematika. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep adalah 71,43 dan kelas kontrol adalah 62,54, dengan nilai sig= 0 dengan 0 <∝ 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik matematika (PMR) dengan pendekatan pembelajaran biasa, rata-rata tes kemampuan koneksi matematika eksperimen dan kontrol adalah 70,43 dan 67,76 dengan sig = 0, dengan 0 <∝ 0,05 , maka terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik (PMR) dan pendekatan pembelajaran konvensional , nilai signifikan sebesar 0,127 , karena 0,127 >0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, nilai signifikan sebesar 0,360, karena 0,360 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa. Besar Pengaruh PMR terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep sebesar 28,7%, dan besar pengaruh PMR terhadap Kemampuan Koneksi sebesar 69,1 %. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berfikir tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Adl p |
Keywords: | Pendekatan PMR; kemampuan pemahaman konsep; kemampuan koneksi matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 06:21 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43058 |