Silitonga, Torang Gunawan (2020) Pengembangan Trainer Elektronika Digital Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Audio Vidio Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153331023 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 5153331023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM 5153331023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 5153331023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5.NIM 5153331023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 5153331023 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 5153331023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 5153331023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 5153331020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM 5153331023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 5153331023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan trainer elektronika digital pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X Teknik Audio Vidio di SMK Negeri 1 percut Sei Tuan dan; (2) Mengetahui tingkat pemenuhan syarat kelayakan trainer elektronika digital pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X Teknik Audio Vidio di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah pengembangan trainer Elektronika Digital yang dilakukan dalam pengembangan (Borg & Gall) meliputi: (1) Melakukan studi pendahuluan; (2) Mengidentifikasi Kebutuhan/Tujuan umum Pembelajaran; 3) Analisis Data Kebutuhan Trainer;(4) Merancang dan Membangun Trainer; (5) Menyususn jobsheet Penggunaan trainer; (6) Uji coba Trainer Elektronika Digital. Objek pada penelitian ini adalah Trainer Elektronika Digital. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi yang berisikan pernyataan-pernyataan validasi. Validasi trainer melibatkan 3 orang ahli media, 2 orang guru sebagai pengguna, 1 orang siswa sebagai pengguna uji kelas satu-satu, 5 orang siswa sebagai pengguna uji kelas kecil dan 30 orang siswa sebagai pengguna kelas besar. Teknik analasis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Trainer Elektronika Digital yang terdiri dari Papan PCB fiber, LED, Header Male 10 mm, Resistor 220 Ω, Rangkaian gerbang-gerbang logika yang dilengkapai masing-masing IC nya, Switch 6 bit. Hasil uji validasi persyaratan trainer oleh ahli yang didapat persentase 91,6% (sangat layak); Uji persyratan kelayakan trainer oleh ahli 92,48% (sangat layak); Uji validasi berdasarkan syarat media pembelajaran oleh guru 90,5% (sangat layak); Uji coba pemakaian oleh siswa satu-satu 96% (sangat layak); Uji coba pemakaian oleh siswa kelas kecil 97% (sangat layak); Uji coba pemakaian oleh siswa kelas besar 95% (sangat layak). Berdasarkan seluruh hasil penelitian disimpulkan bahwa Trainer Elektronika Digital sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X TAV di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Elektronika digital, pengembangan, trainer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 02:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43021 |