Pohan, Gustry Harish (2019) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar DasarListrik dan Elektronika (DLDE). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153331006 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5153331006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 5153331006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 5153331006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 5153331006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6. NIM 5153331006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM 5153331006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 5153331006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 5153331006 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM 5153331006 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM 5153331006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar DLDE siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Ekspositori (2) Perbedaan hasil belajar DLDE siswa yang memiliki kepribadian Ekstrovert dengan siswa yang memiliki kepribadian Introvert (3) interaksi antara model pembelajaran dan kepribadian siswa dalam mempengaruhi hasil belajar DLDE siswa. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design faktorial 2 x 2. Populasi penenlitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaiu tes hasil belajar DLDE pilihan berganda dan instrumen angket kepribadian. Dari data yang diperoleh setelah dilakukan penelitian, diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar DLDE siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan pembelajaran Ekspositori, dimana Fhitung (30,61) > Ftabel (2,76). Hasil penelitian meenunjukkan rata-rata hasil belajar DLDE siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Ekspositori; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki kepribadian Ekstrovert dan siswa yang memiliki kepribadian Introvert dalam pembelajaran DLDE, dimana Fhitung (2,83) > Ftabel (2,76); (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar DLDE siswa, dimana Fhitung (2,68) < Ftabel (2,76). Kegiatan pembelajaran Think Pair Share mendorong siswa untuk dapat mengonstruk pengetahuannya sendiri dalam menyelesaikan sebuah tugas sehingga siswa menjadi aktif, kreatif dan kritis. siswa dengan kepribadian Ekstrovert memiliki keaktifan diri terhadap pembelajaran DLDE, sehingga hasil belajarnya lebih tinggi dari pada siswa dengan kepribadian Introvert
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Think Pair Share, Ekspositori, Kepribadian, Ekstrovert, Introvert, Hasil Belajar DLDE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 08:02 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43019 |