Bisromah (2020) Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Instalasi Penerangan Listrik Yang Diperoleh Dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5152131004 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 5152131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
3. NIM. 5152131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 5152131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM. 5152131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
6. NIM. 5152131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 5152131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 5152131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 5152131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
13. NIM. 5152131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM. 5152131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttest Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 60 orang siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian doperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,2 sedangkan kelas kontrol 77,2. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 1,93 dan ttabel adalah 1,672, maka thitung > ttabel atau 1,93 > 1,672 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI TITL pada kompetensi dasar Menerapkan Prosedur Pemasangan Komponen Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 04:07 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43014 |