Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Instalasi Penerangan Listrik Yang Diperoleh Dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020

Bisromah (2020) Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Instalasi Penerangan Listrik Yang Diperoleh Dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5152131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5152131004 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5152131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5152131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5152131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5152131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5152131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5152131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5152131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5152131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5152131004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5152131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5152131004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5152131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5152131004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5152131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5152131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5152131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5152131004 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5152131004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5152131004 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5152131004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5152131004 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5152131004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5152131004 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5152131004 CHAPTER V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5152131004 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5152131004 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5152131004 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5152131004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttest Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 60 orang siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian doperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,2 sedangkan kelas kontrol 77,2. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 1,93 dan ttabel adalah 1,672, maka thitung > ttabel atau 1,93 > 1,672 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI TITL pada kompetensi dasar Menerapkan Prosedur Pemasangan Komponen Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:07
Last Modified: 26 Aug 2025 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43014

Actions (login required)

View Item
View Item