M, Reza Kristian (2019) : Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL Di SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5151131042 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM 5151131042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
3. NIM 5151131042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 5151131042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 5151131042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
6. NIM 5151131042 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM 5151131042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
8. NIM 5151131042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
9. NIM 5151131042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13. NIM 5151131042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM 5151131042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian Ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model Creative Problem Solving mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik 1 fasa di kelas XI smester ganjil Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan di kelas XI SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020, yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar smester ganjil pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Lisrik. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (Kelas Eksperimen) adalah sebesar 23,2. Sedangkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori (Kelas Kontrol) diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 19,2. Dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat dilakukan dengan menggunakan model Creative Problem Solving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | : Model Creative Problem Solving, Ekspositori, Hasil belajar kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 03:09 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43012 |