Sibarani, Berlin THE NOBILITY OF TEACHING: A PERSPECTIVE ON THE DEVELOPMENT OF TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE IN INDONE. -.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Kualitas penguasaan bahasa Inggris tergantung pada bebagai faktor, yang secara sederhana dikelompokkan menjadi tiga faktor utama, yakni faktor (1) guru, (2) siswa dan (3) lingkungan pembelajaran. Dari ketiga faktor ini, faktor guru masih diyakini sebagai faktor kunci. Berdasarkan keyakinan ini, rendahnya penguasaan bahasa Inggris terutama bersumber dari rendahnya kualitas kinerja guru bahasa Inggris. Sementara kinerja tersebut, ditentukan oleh rendahnya kualitas guru sebagai individu. Banyak guru bahasa Inggris yang tidak memiliki penguasaan keterampilan berbahasa Inggris, keilmuan linguistik, dan pedagogik belajar serta pembelajaran bahasa Inggris. Penguasaan keilmuan seperti ini tidak juga menjadi penjamin utama keberhasilan menerjemahkan keilmuan tersebut dalam wujud kinerja mengajar yang sesungguhnya; masih diperlukan sensitifitas, kreatifitas dan kekritisan berfikir terhadap masalah faktual pengajaran bahasa Inggris. Atribut psikologis ini dan penguasaan keilmuan di sisi lain hanya mungkin ditumbuhkan oleh nilai (theme). Nilai (theme) inilah yang menggerakkan seluruh keinginan dan perilaku untuk mencapai dan mempraktekkan kedua aspek tersebu. Pandangan dan keyakinan bahwa mengajar adalah pekerjaan mulia (noble) merupakan salah satu bagian dari nilai (theme). Oleh karena itu, membangun dan menumbukan the nobility of teaching pada diri guru akan menjadi salah satu jalan keluar mengatasi masalah rendahnya kualitas berbahasa Inggris siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Nobility; Kinerja guru; Pengajaran; Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 08:11 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/430 |