Nasution, Khoiriyah (2020) Pengemasan Materi Pembelajaran Tari Wira Pertiwi Berbasis Powerpoint Stand Alone Untuk Sekolah Menengah Atas. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2162141002 COVER.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM. 2162141002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
3. NIM. 2162141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2162141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 2162141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 2162141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 2162141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 2162141002 LIST OF IMAGE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 2162141002 OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
10. NIM. 2162141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
14. NIM. 2162141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 2162141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengemas pembelajaran Tari Wira Pertiwi sesuai KD 3.1
yaitu memahami konsep, teknik, dan prosedur dalam meniru gerak tari kreasi,
dalam bentuk media pembelajaran Powerpoint Stand Alone untuk siswa kelas XI
Sekolah Menengah Atas. Landasan teori yang dijadikan pedoman pada penelitian
ini adalah teori Wina (2011:20) beserta Rudi Susilana dan Cepi Riyana
(2017:102) yang menjelaskan bagaimana tahapan atau prosedur dalam pembuatan
Powerpoint Stand Alone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode pengemasan
menggunakan kerja laboratorium komputer. Metode penelitian yang digunakan
yakni deskriptif kualitatif di mana data yang diperoleh kemudian diolah dan
dianalisis dengan teliti. Hasil pengolahan data disusun secara sistematis dalam
bentuk skripsi. Proses penelitian atau metode pengemasan dilakukan dalam empat
tahapan yakni: tahapan pertama identifikasi program yaitu memastikan program
yang dipilih sudah tepat, program yang digunakan Powerpoint. Tahapan kedua
mengumpulkan bahan pendukung seperti video, foto, suara dan juga materi Tari
Wira Pertiwi yang terdiri dari 1.Konsep tari Wira Pertiwi yaitu latar belakang,
terminologi gerak, alat musik, rias penari dan busana, 2. Teknik tari Wira Pertiwi
yaitu cara melakukan gerak tari Wira Pertiwi yang dibuat dalam bentuk dance
script, 3.Prosedur yaitu prosedur gerak tari Wira Pertiwi dan prosedur penggunaan
properti tari Wira Pertiwi. Tahap ketiga proses pengerjaan media pembelajaran
sesuai materi yang sudah dikumpulkan. Tahap terakhir Review program dengan
dilakukannya uji kelayakan materi dan uji kelayakan media, revisi, kemudian siap
digunakan. Produk ini memperoleh hasil uji kelayakan dengan skor 94% oleh ahli
materi dan hasil uji kelayakan dengan skor 91,1% oleh ahli media. Hasil
keseluruhan uji kelayakan mendapatkan skor 92,5%. Dengan demikian, hasil
penelitian pengemasan pembelajaran Tari Wira Pertiwi dalam media
pembelajaran Powerpoint Stand Alone meliputi materi memahami konsep, teknik,
dan prosedur untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Medan sangat
layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengemasan; Tari Wira Pertiwi; Powerpoint Stand Alone |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:48 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42946 |