Albir, Endang Putri (2020) paya Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Game Online Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Di Dusun IX Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
02 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
03 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - PREFACE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
05 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - THANK-YOU NOTE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
07 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14 NIM 1133371002 RIA NATALIA TURNIP - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak anak yang bermain game online yang menyebabkan dampak negatif kemudian kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya sehingga anaknya bermain game online dan kurangnya sikap disiplin yang diterapkan orang tua terhadap anak-anaknya Di Dusun IX Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Penenlitian ini bertujuan: untuk mengetahui Upaya Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Game Online Bagi Anak Usia 7-12 Tahun. Jenis penelitian yang digambarkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi 215 orang tua (ibu) yang mempunyai anak usia 7-12 tahun dan sampel 43 Orang Tua (ibu) yang mempunyai anak 7-12 tahun. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan instrument penelitian yaitu angket dengan mempersentasikan jawaban dari responden, menggunakan rumus: P = f/n x 100 (Sugiyono 2017). Dari perhitungan tentang upaya orang tua memahami perkembagan dinamika anak dengan skor tinggi 48,83% tinggi. Selanjutnya upaya orang tua memperkaya wawasan akan makna kehadiran game online 51,16% tinggi. Upaya orang tua dalam menyediakan waktu dan diri bagi anak dengan skor tinggi 48,82%. Upaya orang tua dalam membuat sikap disiplin bagi anak diperoleh hasil 46,51% tinggi. Upaya orang tua menjadi teladan bagi anak diperoleh data 53,49% tinggi. Upaya orang tua menyediakan bahan bacaan yang mendidik diperoleh data 55,80% tinggi. Dan upaya orang tua dalam memberikan kasih sayang dan cinta diperoleh data 39,54% tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa orang tua/ibu telah berupaya dalam mencegah dampak negatif game online bagi anaku sia 7-12 tahun di Dusun IX Desa Bandar Setia baik itu dalam memahami perkembangan anak, memperkaya wawasan akan makna kehadiran game online, menyediakan waktu dan diri bagi anak, membuat sikap disiplin bagi anak, menjadi teladan bagi anak, menyediakan bahan bacaan yang mendidik, serta memberikan kasih sayang dan cinta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PLS-009 |
Keywords: | Game online; Orang tua; Tanggung jawab |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:21 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42922 |