Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Swasta Dwiwarna Medan

Dalimunthe, Ridwan (2021) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3142121031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3142121031 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3142121031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3142121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3142121031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3142121031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3142121031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3142121031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3142121031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3142121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3142121031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3142121031 TABLES.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3142121031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3142121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3142121031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3142121031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3142121031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3142121031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3142121031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3142121031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3142121031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3142121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Swasta Dwiwarna Medan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol.Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda.Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang di ajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata -rata pretest adalah 42,40, standar deviasi diperoleh 9,80 dan varians diperoleh 96,08, nilai posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata 82,20, standar deviasi diperoleh 7,37 dan varians diperoleh 54,33. Sedangkan hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh rata – rata pretest adalah 37,60, standar deviasi diperoleh 9,90 dan varians diperoleh 98,16, nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata – rata 77,80, standar deviasi di peroleh 6,93 dan varians diperoleh sebesar 48,08. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05,dimana thit > ttab yaitu2,2 > 2,0 dengan demikian dalam penelitian ini H0 ditolak danH1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tourtnament (TGT) dengan model konvensional yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tourtnament (TGT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-SJRH-060
Keywords: Pengaruh; Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Hasil Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:38
Last Modified: 02 Jul 2021 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42914

Actions (login required)

View Item
View Item