Pemanfaatan Museum Negeri Sumatera Utara Sebagai Sumber Belajar Sejarah Tngkat SMA

Sinaga, Olindo Mardohar (2021) Pemanfaatan Museum Negeri Sumatera Utara Sebagai Sumber Belajar Sejarah Tngkat SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3143121033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3143121033 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3143121033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3143121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3143121033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3143121033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3143121033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3143121033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3143121033 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3143121033 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3143121033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3143121033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3143121033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3143121033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3143121033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3143121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang berdirinya museum negeri Sumatera Utara, mengetahui pemanfaatan museum negeri Sumatera Utara sebagai sumber belajar sejarah di tingkat SMA, mengetahui bagaimana hambatan pemanfaatan museum negeri Sumatera Utara sebagai sumber belajar sejarah di tingkat SMA. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber, proses pembelajaran, dokumen serta fasilitas lainya yang mendukung penelitian. Data akan diolah melalui observasi, wawancara, dan analis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilaksanakan melalui tiga komponen yakni : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyataka museum negeri provinsi Sumatera Utara diresmikan tanggal 19 April 1982 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, Dr.Daoed yoesoef, Pada tahun 1954 dimana pada saat itu Presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno meletakan koleksi pertama di museum ini berupa makara, Pemanfaatan museum terdekat dari sekolah sebagai sumber belajar merupakan suatu inovasi yang bagus dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar serta meningkatkan kemampuan siswa, Hal-hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran yang memanfaatkan museum negeri Sumatera Utara sendiri itu lebih kepada saat membawa siswa kelapangan yaitu pada saat di museum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-SJRH-061
Keywords: Pemanfaatan; Museum; Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:34
Last Modified: 02 Jul 2021 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42913

Actions (login required)

View Item
View Item