PERANAN DR. JUSTIN SIHOMBING SEBAGAI TOKOH PENDIDIKAN DI TAPANULI UTARA (1942-1954)

PAKPAHAN, ELPINA (2020) PERANAN DR. JUSTIN SIHOMBING SEBAGAI TOKOH PENDIDIKAN DI TAPANULI UTARA (1942-1954). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 3161121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3161121010 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3161121010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3161121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3161121010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3161121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3161121010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3161121010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3161121010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3161121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3161121010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3161121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3161121010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3161121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3161121010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3161121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang kehidupan DR. Justin Sihombing, Peranan DR. Justin Sihombing dan pandangan masyarakat terhadap instansi yang telah didirikan oleh DR. Justin Sihombing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Hal tersebut dilakukan dengan cara penulis melakukan penelitian lapangan secara langsung di wilayah Tapanuli Utara khususnya di kecamatan Tarutung dan kecamatan
Sipoholon, kemudian penulis juga turut mewawancarai tokoh agama dan kerabat dari DR. Justin Sihombing untuk mengetahui peranan beliau dalam bidang pendidikan. Untuk menganalisis data maka dilakukan beberapa tahapan yaitu
dengan menemukan sumber mengenai latar belakang, peranan, pendapat masyarakat terhadap Instansi yang didirikan oleh DR. Justin Sihombing. Kemudian, dilakukan verifikasi atau kritik sumber dan melakukan interpretasi (menyusun hasil-hasil penelitian berdasarkan fakta) dan menganalisis
(rekonstruksi) kembali Peranan DR. Justin Sihombing sebagai tokoh pendidikan di Tapanuli Utara (1942-1954).
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa DR. Justin Sihombing layak dijadikan sebagai tokoh pendidikan di Tapanuli Utara melihat peranan beliau dalam bidang pendidikan yaitu membuka kembali Sekolah Guru
Huria (SGH) Seminari Sipoholon, mendirikan Sekolah Theologia Seminari Sipoholon, mendirikan Universitas HKBP Nomensen. Dilanjutkan dengan pendapat masyarakat yang memberikan tanggapan positif terhadap instansi yang
sudah didirikan oleh DR. Justin Sihombing. Tentunya sekolah-sekolah tersebut telah meningkatkan mutu pendidikan di Tapanuli Utara dan membawa masyarakat keluar dari rendahnya pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peranan, DR. Justin Sihombing
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Jul 2021 13:43
Last Modified: 01 Jul 2021 13:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42859

Actions (login required)

View Item
View Item