PURBA, INTAN KUMALA (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI FOCUSKY PADA MATERI MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3162321002 COVER.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM 3162321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM 3162321002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM 3162321002 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
5. NIM 3162321002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
6. NIM 3162321002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM 3162321002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM 3162321002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB)
12.NIM 3162321002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM 3162321002 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Sejarah menggunakan aplikasi focusky dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran Sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kec. Tebing Tinggi, Kab, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kelas X Tahun ajaran 2019-2020. Subjek penelitian ini terdiri atas 10 siswa kelas X IS 2 dan 25 siswa kelas X IS 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 (empat) tahapan utama yaitu: define, design, develop dan disseminate. Hasil pengembangan Modul pembelajaran Sejarah menggunakan aplikasi focusky dinyatakan layak di uji cobakan ke siswa setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Rincian data yang diperoleh dari hasil pengujian antara lain: pengujian ahli materi memperoleh rata-rata peresentase 91,6 % dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”, pengujian ahli media memperoleh rata-rata peresentase 95,8 % dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak” dan pengujian pengguna terhadap siswa memperoleh rata-rata peresentase 88,8 % dengan peresentare “Sangat Baik/Sangat Layak”, sehingga Modul Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Focusky layak digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Focusky, model pengembangan 4-D, Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL660 History and principles of religions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 10:27 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 10:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42841 |